1. http://www.amazon.com

amazon-1

  1. Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos di Setle, Washington, Jerman Serikat pada tahun 1994. Nama awal dari perusahaan ini adalah “Cadabra.” Pada bulan juli 1995, Jeff Bezos kemudian mengganti nama perusahaan ini dengan nama sungai paling deras di dunia, yauitu Amazon, dengan harapan dapat melakukan penjualan lewat web sederas air sungai amazon. Ide dasar dari perusahaan ini adalah untuk menjual buku secara online dengan menyelenggarakan persediaan seminimal mungkin dengan menambah nilai tambah (value added) kepada pembeli dibandingkan dengan toko buku konvensional. Persediaan yang minimal dapat dilakukan karena Amazn.com hanya menjadi perantara bagi penerbit buku dapat dipilih secara olnline dari rumah atau dari mana saja secara nyaman (conveinience).

Setelah meluncurkan toko buku onlinenya, tidak lama kemudian Amazon.com meningkatkan fitur produk-produk dan jasa-jsa yang ditawarkan dan kemampuan dari e-retailingnya. Fitur-fitur produk yang ditambahkan adalah belanja-1-klik (1 Clik Shopping) yang juga dipatenkan, personalisasi produk, daftar-daftar keinginan dan kartu-kartu ucapan.

Amazon.com juga menambhakan jasa pemberitahuan “kejadian spesial” seperti misalnya tanggal ulang tahun, tanggal menokah dan tanggal lainnya dan keinginan-keinginan yang didaftarkan oleh pembaca. Dengan pemberitahuan ini, Amazon.com kemudian merekomendasikan sesuatu yang dapat digunakan seagai hadiah, yang tentunya dijual dan tersedia di Amazon.com, dan dapat dikirimkan langsung ke yang bersangkutan yang menginginkannya.

Kelebihan Amazon.com mulai agresif menambahkan produk-produk atau jasa-jasa baru yang ditawarkan. Menyadari sebagai pelangkah awal (first mover) penjual di dunia maya Amazon.com mulai menjual barang selain buku. Strategi yang digunakan ini adalah strategi bertumbuh (growth strategy). Di pertengahan tahun 1998 perusahaan ini meluncurkan produk tambahan musik dan video DVD. Di musim gugur 1998 perusahaan ini juga melebarkan sayapnya ke eropa dengan mengakuisisi toko-toko buku online di inggris dan Jerman. Awal tahun 2000, perusahaan ini sudah menawrkan tujuh kategori produk, kebun dan taman, sampai ke peralatan perbaikan rumah di lebih 160 negara.

Kenyataannya pelanggan Amazon.com bertambah dari tahun ke tahun. Pelanggan Amazon.com sebanyak 1,5 juta pelanggan di tahun 1997, menjadi 14 juta di tahun 1999 dan 25 juta tahun 2001.

Pada tahun 1998, Amazon.com menambah model bisnis baru, yaitu dua buah lelang (auction) online dan sebuah tempat pasar (markerplace) online. Melihat kesuksesan dunia maya, Amazon.com menambahkan transaksi lelang online di situsnya. Penjualan cara lelang biasanya dilakukan dengan mencantumkan barang-barang yang akan dijual di daftar barang yang akan dilelang dengan harga awal. Calon pembel mengajukan harga dengan menaikkan dari harga sebelumnya. Harga barang yang disetujui adalah harga terakhir setelah lelang ditutup. Unutk lelang di Amazoncom, harga barang ditentukan tetap. Lelang hanya dikenakan pada barangnya, bukan harganya. Amazon.com menamakan “zshop.” Pembeli dapat membayar langsung kepada penjual barang atau lewat Amazon.com menggunakan kartu kredit. Untuk menjamin dan membentuk kepercayaan pembeli, Amazon.com menyediakan garansi sebesar $1000 jika penjual barang tidak jujur (misalnya barangnya tidak sesuai dengan spesifikasinya) atau setelah dibayar barang tidak sampai ke tangan pembeli.

Dengan “zShop” ini, lebih dari 100 pedagang dapat “menyewa” (rent) ruang di Amazon.com. Pada akhir tahun 1999 tiap bilannya untuk membuka toko web dengan barang yang dijual sampai dengan 3000 items atau dapat juga membayar sebesar 10 sen tiap item individual. Dsisamping itu, pedagang diwajibkan membayar biaya transaksi sebesar 5 sen untuk tiap-tiap item yang dijual dengan nilai kurang dari $25, sebesar 2.5 sen untuk item bernilai $25 sampai dengan $999, atau 1.25 sen untuk bernilai $1000 atau lebih.

Pada awal tahun 2000, Amazon.com mengembangkan model bisnisnya kembali denga membentuk kerjasama modal dengan pengecer online merk tertentu untuk memasang iklan di situs Amazon.com. Pada bulan Agustus 2000, Amazon.com mengembangkan kembali model bisnisnya dengan mengumumkan melakukan aliansi strategik dengan ToysRus.com untuk mengoperasikan toko mainan dan permainan video. Dibawah perjanjian kerjasama 10 tahunnya, Toys “R” Us, Inc. Bersedia membeli dan mengelola sediaan dan Amazon.com menangani dan mengembangkan situs, manangani order penjualan dna jasa pelanggan lannya dan mengelola sediaan di pusat-pusat distribusinya di Amerika Serikat. Amazon.com akan dikompensasi dengan waran untuk membeli 5% dari saham Toys ”R” Inc, menerima pembayaran tetap setiap periode, jasa transaksi perunit, dan satu digit persen dari pendapatan.

Dengan perkembangan ini, Amazon.com telah mengadopsi tempat pasar (marketplace) dan ASP yang menguntungkan dan pada saat itu banyak analis yang memperkirakan perusahaan ini kan terus mengambangkan model bisnisnya ke kategori yang lainnya. Perkiraan ini terjadi pada tahun 2001, Amazon.com melakukan aliansi dengan perusahaan pengecer dan pedagang produk fisik lewat katalog, yaitu dengan All-Clas MetalCrafters, AT$T Wireless, Borders, Catalog City, Circuit, Egghead.com, Target, Waterstone, dan Wusthof.

Pada tanggal 30 Agustus 2000, Partner living.com menyatakan bangkrut dan Amazon.com kemudian menutup penjualan mebel online ini. Perusahaan living.com bubar pada bulan Agustus 2000 dengan hanya membayar sebagian kecil dari $145juta yang disetujui kepada Amazon.com. Ini dimaksudkan Amazon.com memadatkan kanalnya (channel copression).

Illustrasi diatas menunjukkan bagaimana Amazon.com mulai dari pengecer atau toko buku elektronik menjadi portal horizontal dan ASP dengan menawarkan banyak produk dan jasa, dan melakukan aliansi dengan model bisnis lainnya.


2. Alamat : http://www.bhinneka.com

bhineka1


Soal harga bhinneka lebih terjangkau atau murah jika dibandingkan dengan web store lainnya. Untuk pengiriman barangnya, selama ini selalu tepat sesuai dengan waktu pengiriman yang telah di setujui bersama, bahkan pihak bhinneka bersedia untuk mengantarkan 1 hari lebih awal dari perjanjian hari penyewaan tanpa dihitung sebagai biaya tambahan
pelayananpun juga bagus dengan teknisi yang sangat membantu dan concern kepada kebutuhan customernya. Di bhinneka kita juga dapat menyewa barang-barang elektonic, misalnyabhinneka menyediakan sewa pc, sewa notebook, sewa lcd hingga sewa server bisa dipilih. Semua dilengkapi dengan daftar harga yang kompetitif.bhinneka menyediakan sewa pc, sewa notebook, sewa LCD hingga daftar harga yang kompetitif.

Saran: untuk saat ini pembelian di bhinneka dengan fasilitas kredit dan penggunaan kartu kredit hanya dapat dilakukan di kantor atau toko offline bhinneka saja atau untuk domisili jakarta. Untuk pelanggan dari luar kota masih belum dapat dilayani.maka menurut saya akan lebih baik jika pembelian dengan kredit bisa juga digunakan untuk konsumen yang berada di luar jakarta,untuk sementara ini di bhinneka untuk pelayanan kartu kredit hanya bisa dari visa,master, dan bca untuk kedepannya mungkin bisa ditambah dengan kartu kredit bank bank lainnya.

3.  Alamat : www.fastncheap.com

fas-n-cheap1


Di fastncheap proses ordernya mudah, pengirimannyapun cepat dan tepat waktu. Cukup apply rma, dan kirimkan barang, kemudian kita bisa tracking rma untuk mengetahui status barang yang kita servis. Setelah selesai pun tinggal kirimkan ongkos kirim balik. Pelayanannaya juga bagus complain para konsumen juga ditanggapi dengan cepat dan memuaskan. Pertahankan dan tingkatkan terus . Selain itu, barang yang di situs specnya sama persis dg yg diterima. Fastncheap memang harganya bersaing dengan yang lainnya, ya bisa dikatakan harganya lebih bagus “murah” ketimbang online shoping2 yang lainya tapi tentunya customer servis-nya harus ditingkatkan dan kalo member tentunya ada harga khusus.

4. Alamat : www.mzan.com

mizan

Tampilan webnya kurang menarik.Semacam biro jodoh secara online. Seharusnya di buat sedemikian rupa sehingga lebih menarik, dan mempunyai background yang romantic sesuai dengan alamat situsnya. Mempunyai beberapa menu antara lain :

Yang lebih memudahkan bagi browser berselancar ke dunia maya sekedar untuk membuka e-mail atau chatting. Dan ini merupakan suatu bentuk kerjasama antara mzan.com dengan hotmail.

5. Alamat : www.sandnoble.comsandnoblecom-1

<!-

KESIMPULAN

Di antara ke 5 situs antara lain : www.bhinneka.com, www.fastncheap.com, www.amazon.com, www.sandnoble.com, www.mzan.com yang merupakan situs terbesar adalah amazon.com

Iklan
Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: